Sabtu, 09 April 2016

Domino Matematika Pecahan

Domino Matematika Pecahan
Domino matematika pecahan adalah sebuah alat peraga yang dibuat untuk mengasah kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan materi pecahan dan desimal. Domino matematika pecahan ini adalah modifikasi dari permainan domino atau yang sering disebut gaplek. Bentuk kartu dan cara bermain nya pun sama dengan permainan domino pada umumnya. Hanya saja bulatan-bulatan yang ada pada kartu domino yang umum diganti dengan bilangan-bilangan pecahan dan desimal.
Cara bermain kartu domino matematika pecahan ini adalah sebagai berikut :
1. kocok kartu domino, lalu bagikan kartu kepada setiap pemain hingga kartu tersebut tidak tersisa.
2. permainan dimulai dengan mengadakan suit (untuk dua orang pemain) atau humsum (untuk tiga atau lebih orang pemain),  untuk pemain yang menang yang menjadi pemain pertama yang mengeluarkan kartu.
3. giliran mengeluarkan kartu dilakukan dari sebelah kanan setelah pemain pertama.
4. pemain  harus mengeluarkan kartu yang senilai dengan kartu sebelumnya, pemain dapat meletakkan kartu pada ujung kiri atau kanan kartu yang berantai.
5. untuk pemain yang telah dulu menghabiskan kartunya, maka ia menjadi pemenangnya. Namun, apabila setiap pemain tidak memiliki kartu yang cocok untuk ditempatkan pada kartu selanjutnya, maka untuk menentukan pemenangnya adalah dengan cara menghitung jumlah seluruh nilai pada kartu. Untuk pemain yang memiliki nilai yang paling rendah itulah yang menjadi pemenangnya.