RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah              :
SMA Negeri 1 Sungai Lilin
Mata
Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             :
XII/1
Materi
Pokok                : Jarak dalam ruang
Alokasi
Waktu              :
2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
1.     
Kompetensi
Dasar
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator | 
| 
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke
  garis, dan titik ke bidang). | 
3.1.1 Menjelaskan pengertian jarak antar dua buah titik. 
3.1.2. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan garis. 
3.13. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan bidang. | 
| 
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis,
  dan titik ke bidang). | 
4.1.1. Menentukan jarak antar dua buah titik. 
4.1.2. Menentukan jarak antara titik dengan garis. 
4.1.3. Menentukan jarak antara titik dengan bidang. | 
2.     
Tujuan
Pembelajaran 
| 
Nomor
  Indikator | 
Tujuan
  Pembelajaran | 
| 
3.1.1 | 
Siswa dapat menjelaskan jarak antar dua buah titik. | 
| 
3.1.2 | 
Siswa dapat menjelaskan
  jarak antara titik dengan garis. | 
| 
3.1.3 | 
Siswa dapat menjelaskan
  jarak antara titik dengan bidang. | 
| 
3.1.4 | 
Siswa dapat menentukan jarak antar dua buah titik. | 
| 
3.1.5 | 
Siswa dapat menentukan jarak antara titik dengan garis. | 
| 
3.1.6 | 
Siswa dapat menentukan
  jarak antara titik dengan bidang. | 
3.     
Materi
Pembelajaran
| 
No | 
Struktur
  Isi | 
Yang
  ada dalam pembelajaran | 
| 
1 | 
Fakta | 
1. Masalah
  kontekstual yang berkaitan dengan jarak dalam ruang. 
2. Jarak
  antara titik dengan titik. 
3. Jarak
  antara titik dengan garis 
4. Jarak
  antara titik dengan bidang. | 
| 
2 | 
Konsep | 
Jarak | 
| 
3 | 
Prinsip | 
1. Jarak
  antara dua titik 
2. Luas
  segitiga 
3. Jarak
  titik ke garis 
4. Dalis
  sinus 
5. Dalil
  kosinus | 
| 
4 | 
Prosedur | 
1.
  Langkah-langkah mengitung jarak antara titik A(x1, y1,
  z1) dan B (x2, y2, z3): 
    J = 
   
   
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
    
   
   
   
  
   
   = 
   
   
2. Langkah-langkah
  menggunakan dalil sinus : 
3.
  Langkah-langkah menggunakan dalil kosinus : 
    a2 =
  b2 + c2 – 2bc cos A 
    b2 =
  a2 +c2 – 2 ac cos B 
    c2 =
  a2 + b2 – 2 ab cos C 
4.
  Langkah-langkah mengitung luas segitiga ABC : 
    L = 
   
   bc sin A = 
   
   ac sin B = 
   
   ab sin C 
5. Langkah-langkah
  menghitung jarak titik A (x1, y1) ke garis      Ax +By +C = 0 : 
    d = 
   
   | 
4.     
Metode
Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Metode: Diskusi dan ceramah
5.     
Alat/Bahan/Media
           Alat             :
LCD, Proyektor, dan laptop.
           Media         : Power Point
6.     
Sumber Belajar
Buku siswa Matematika kelas XII untuk
SMA/MA/SMK   semester 1 Kemendikbud.
7.     
Kegiatan
Pembelajaran
| 
Tahap  | 
Fase | 
Kegiatan | 
| 
Kegiatan Pendahuluan (10 menit) |  | 
1.
  Guru
  mengucap salam dan mengecek kehadiran siswa. Apabila ada siswa yang tidak
  hadir, guru menanyakan alasan siswa yang tidak hadir tersebut. 
2. Guru
  mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya, seperti tentang bangun ruang. 
3. Siswa membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4 sampai
  5 orang. | 
| 
Kegiatan Inti
  (70 menit) | 
Mengamati | 
1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang jarak antara titik
  dengan titik, jarak antara titik dengan garis, dan jarak antara titik dan
  bidang. 
2. Siswa mengamati power point tentang materi yang dijelaskan
  oleh guru. | 
| 
Menanya | 
Siswa
  menyusun daftar pertanyaan yang muncul ketika setelah melakukan pengamatan. | |
| 
Menalar | 
Setiap
  kelompok diberikan suatu masalah tentang salah satu materi dan mengerjakan
  soal tentang materi yang didapat, yang nantinya perwakilan dari setiap kelompok
  akan mempresentasikannya di depan kelas | |
|  | 
Mencoba | 
Setiap
  anggota kelompok mengerjakan latihan yang diberikan. | 
| 
Mengkomunikasikan | 
Setiap
  kelompok membuat satu kesimpulan dari materi yang didapat dan perwakilan dari
  setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. | |
| 
Kegiatan Penutup (10 menit) |  | 
1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar hari ini. 
2. Guru menanyakan kesan belajar hari ini. 
3. Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian hasil
  belajar. 
4. Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan selanjutnya. 
5. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap
  semangat belajar. 
6. Guru mengucapkan salam. | 
8.     
Penilaian
a. Penilaian Afektif
| 
Aspek yang dinilai | 
Teknik Penilaian | 
Waktu Penilaian | 
| 
Sikap 
a.      Peran aktif di dalam kelompok masing-masing. 
b.      Rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah. | 
Pengamatan | 
Selama pembelajaran | 
b. Penilaian Kognitif
| 
Pengetahuan 
a.      
  Dapat menjelaskan materi yang didapat dalam
  kelompoknya. 
b.      
  Dapat menentukan jarak antar titik, jarak antar
  titik dengan garis, dan jarak titik dengan bidang. | 
Tes tertulis | 
Penyelesaian
  tugas individu | 
c.  Penilaian Psikomotorik
| 
Keterampilan 
Menyelesaikan
  soal yang diberikan dengan benar dan tepat. | 
Pengamatan dan tes tertulis | 
Penyelesaian tugas (baik individu
  maupun kelompok) dan saat diskusi | 
LAMPIRAN
a. Lembar Penilaian Sikap
Indikator
sikap rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
1.      Kurang baik (KB)
jika sama sekali tidak mempunyai rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru.
2.      Baik (B) jika menunjukkan sudah ada rasa ingin
tahu terhadap suatu hal yang baru tetapi masih belum konsisten. 
3.     
Sangat baik (SB) jika menunjukkan sudah ada rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
| 
No | 
Nama Siswa | 
Sikap | |||
| 
Rasa Percaya Diri | |||||
| 
KB(1) | 
B(2) | 
SB(3) | |||
| 
1 |  |  |  |  | |
| 
2 |  |  |  |  | |
| 
3 |  |  |  |  | |
| 
4 |  |  |  |  | |
| 
5 |  |  |  |  | |
| 
6 |  |  |  |  | |
| 
7 |  |  |  |  | |
| 
8 |  |  |  |  | |
| 
... |  |  |  |  | |
| 
30 |  |  |  |  | |
b.
Lembar Pengamatan Penilaian Pengetahuan
Mengerjakan
soal berikut:
| 
Soal | 
Nilai | 
| 
1. Diketahui kubus ABCD.EFGH. Tentukan: 
a. Garis yang sejajar EH; 
b. Garis yang bersilangan dengan HB; 
c. Rusuk yang berpotongan dengan CG. | 
50 | 
| 
2. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 4 cm.
  Titik P dan Q berturut-turut terletak ditengah-tengah garis AB
  dan AC. Tentukan: 
a. jarak antara titik P dan Q; 
b. jarak antara titik G ke garis PH; 
c. jarak antara titik B ke bidang ACF. | 
50 | 
Rubrik Penilaian
| 
No | 
Kriteria | 
Kelompok | |||
| 
4 | 
3 | 
2 | 
1 | ||
| 
1 | 
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip Matematika |  |  |  |  | 
| 
2 | 
Ketepatan memilih cara |  |  |  |  | 
| 
3 | 
Kreativitas |  |  |  |  | 
| 
4 | 
Ketepatan waktu pengumpulan tugas |  |  |  |  | 
| 
5 | 
Kerapian hasil |  |  |  |  | 
| 
Jumlah Skor |  | ||||
Keterangan      :      4
= sangat baik
                                    3 = baik
                                    2 = cukup baik
                                    1 = kurang baik
Nilai
perolehan : 
 
c. Lembar Pengamatan Keterampilan
Indikator  :
Menyelesaikan soal yang diberikan guru dengan benar dan tepat.
1.     
Kurang
terampil (KT) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan.
2.     
Terampil
(T), jika menunjukkan sudah ada 
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.
3.     
Sangat terampil (ST), jika menunjukkan adanya 
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
| 
No | 
Nama Siswa | 
Keterampilan | ||
| 
Menyelesaikan soal yang diberikan
   guru dengan benar dan teliti. | ||||
| 
KT(1) | 
T(2) | 
ST(3) | ||
| 
1 |  |  |  |  | 
| 
2 |  |  |  |  | 
| 
3 |  |  |  |  | 
| 
4 |  |  |  |  | 
| 
5 |  |  |  |  | 
| 
6 |  |  |  |  | 
| 
7 |  |  |  |  | 
| 
8 |  |  |  |  | 
| 
… |  |  |  |  | 
| 
30 |  |  |  |  | 
