Minggu, 16 April 2017

RPP Jarak Dalam Ruang



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Sungai Lilin
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas/Semester             : XII/1
Materi Pokok                : Jarak dalam ruang
Alokasi Waktu              : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
1.      Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
3.1.1 Menjelaskan pengertian jarak antar dua buah titik.
3.1.2. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan garis.
3.13. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan bidang.
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1.1. Menentukan jarak antar dua buah titik.
4.1.2. Menentukan jarak antara titik dengan garis.
4.1.3. Menentukan jarak antara titik dengan bidang.

2.      Tujuan Pembelajaran
Nomor Indikator
Tujuan Pembelajaran
3.1.1
Siswa dapat menjelaskan jarak antar dua buah titik.
3.1.2
Siswa dapat menjelaskan jarak antara titik dengan garis.
3.1.3
Siswa dapat menjelaskan jarak antara titik dengan bidang.
3.1.4
Siswa dapat menentukan jarak antar dua buah titik.
3.1.5
Siswa dapat menentukan jarak antara titik dengan garis.
3.1.6
Siswa dapat menentukan jarak antara titik dengan bidang.

3.      Materi Pembelajaran
No
Struktur Isi
Yang ada dalam pembelajaran
1
Fakta
1. Masalah kontekstual yang berkaitan dengan jarak dalam ruang.
2. Jarak antara titik dengan titik.
3. Jarak antara titik dengan garis
4. Jarak antara titik dengan bidang.
2
Konsep
Jarak
3
Prinsip
1. Jarak antara dua titik
2. Luas segitiga
3. Jarak titik ke garis
4. Dalis sinus
5. Dalil kosinus
4
Prosedur
1. Langkah-langkah mengitung jarak antara titik A(x1, y1, z1) dan B (x2, y2, z3):
    J =  =
2. Langkah-langkah menggunakan dalil sinus :
    
3. Langkah-langkah menggunakan dalil kosinus :
    a2 = b2 + c2 – 2bc cos A
    b2 = a2 +c2 – 2 ac cos B
    c2 = a2 + b2 – 2 ab cos C
4. Langkah-langkah mengitung luas segitiga ABC :
    L =  bc sin A =  ac sin B =  ab sin C
5. Langkah-langkah menghitung jarak titik A (x1, y1) ke garis      Ax +By +C = 0 :
    d =

4.      Metode Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Metode: Diskusi dan ceramah
5.      Alat/Bahan/Media
           Alat             : LCD, Proyektor, dan laptop.
           Media         : Power Point
6.      Sumber Belajar
Buku siswa Matematika kelas XII untuk SMA/MA/SMK   semester 1 Kemendikbud.
7.      Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Fase
Kegiatan
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

1. Guru mengucap salam dan mengecek kehadiran siswa. Apabila ada siswa yang tidak hadir, guru menanyakan alasan siswa yang tidak hadir tersebut.
2. Guru mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya, seperti tentang bangun ruang.
3. Siswa membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4 sampai 5 orang.
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati

1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang jarak antara titik dengan titik, jarak antara titik dengan garis, dan jarak antara titik dan bidang.
2. Siswa mengamati power point tentang materi yang dijelaskan oleh guru.

Menanya

Siswa menyusun daftar pertanyaan yang muncul ketika setelah melakukan pengamatan.

Menalar
Setiap kelompok diberikan suatu masalah tentang salah satu materi dan mengerjakan soal tentang materi yang didapat, yang nantinya perwakilan dari setiap kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas

Mencoba

Setiap anggota kelompok mengerjakan latihan yang diberikan.

Mengkomunikasikan
Setiap kelompok membuat satu kesimpulan dari materi yang didapat dan perwakilan dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Kegiatan Penutup (10 menit)

1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar hari ini.
2. Guru menanyakan kesan belajar hari ini.
3. Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian hasil belajar.
4. Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan selanjutnya.
5. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap semangat belajar.
6. Guru mengucapkan salam.

8.      Penilaian
a. Penilaian Afektif
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Sikap
a.      Peran aktif di dalam kelompok masing-masing.
b.      Rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
Pengamatan
Selama pembelajaran

b. Penilaian Kognitif
Pengetahuan
a.       Dapat menjelaskan materi yang didapat dalam kelompoknya.
b.       Dapat menentukan jarak antar titik, jarak antar titik dengan garis, dan jarak titik dengan bidang.
Tes tertulis

Penyelesaian tugas individu

c.  Penilaian Psikomotorik
Keterampilan
Menyelesaikan soal yang diberikan dengan benar dan tepat.
Pengamatan dan tes tertulis
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi



LAMPIRAN
a. Lembar Penilaian Sikap
Indikator sikap rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
1.      Kurang baik (KB) jika sama sekali tidak mempunyai rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru.
2.      Baik (B) jika menunjukkan sudah ada rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru tetapi masih belum konsisten.
3.      Sangat baik (SB) jika menunjukkan sudah ada rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Rasa Percaya Diri

KB(1)
B(2)
SB(3)

1





2





3





4





5





6





7





8





...





30






b. Lembar Pengamatan Penilaian Pengetahuan
Mengerjakan soal berikut:
Soal
Nilai
1. Diketahui kubus ABCD.EFGH. Tentukan:
a. Garis yang sejajar EH;
b. Garis yang bersilangan dengan HB;
c. Rusuk yang berpotongan dengan CG.
50
2. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 4 cm. Titik P dan Q berturut-turut terletak ditengah-tengah garis AB dan AC. Tentukan:
a. jarak antara titik P dan Q;
b. jarak antara titik G ke garis PH;
c. jarak antara titik B ke bidang ACF.
50


Rubrik Penilaian
No
Kriteria
Kelompok
4
3
2
1
1
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip Matematika




2
Ketepatan memilih cara




3
Kreativitas




4
Ketepatan waktu pengumpulan tugas




5
Kerapian hasil




Jumlah Skor


Keterangan      :      4 = sangat baik
                                    3 = baik
                                    2 = cukup baik
                                    1 = kurang baik
Nilai perolehan :
c. Lembar Pengamatan Keterampilan
Indikator  : Menyelesaikan soal yang diberikan guru dengan benar dan tepat.
1.      Kurang terampil (KT) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan.
2.      Terampil (T), jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampil (ST), jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menyelesaikan soal yang diberikan guru dengan benar dan teliti.
KT(1)
T(2)
ST(3)
1




2




3




4




5




6




7




8








30