RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SMA Negeri 1 Sungai Lilin
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
XII/1
Materi
Pokok : Jarak dalam ruang
Alokasi
Waktu :
2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
1.
Kompetensi
Dasar
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke
garis, dan titik ke bidang).
|
3.1.1 Menjelaskan pengertian jarak antar dua buah titik.
3.1.2. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan garis.
3.13. Menjelaskan pengertian jarak antara titik dengan bidang.
|
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis,
dan titik ke bidang).
|
4.1.1. Menentukan jarak antar dua buah titik.
4.1.2. Menentukan jarak antara titik dengan garis.
4.1.3. Menentukan jarak antara titik dengan bidang.
|
2.
Tujuan
Pembelajaran
Nomor
Indikator
|
Tujuan
Pembelajaran
|
3.1.1
|
Siswa dapat menjelaskan jarak antar dua buah titik.
|
3.1.2
|
Siswa dapat menjelaskan
jarak antara titik dengan garis.
|
3.1.3
|
Siswa dapat menjelaskan
jarak antara titik dengan bidang.
|
3.1.4
|
Siswa dapat menentukan jarak antar dua buah titik.
|
3.1.5
|
Siswa dapat menentukan jarak antara titik dengan garis.
|
3.1.6
|
Siswa dapat menentukan
jarak antara titik dengan bidang.
|
3.
Materi
Pembelajaran
No
|
Struktur
Isi
|
Yang
ada dalam pembelajaran
|
1
|
Fakta
|
1. Masalah
kontekstual yang berkaitan dengan jarak dalam ruang.
2. Jarak
antara titik dengan titik.
3. Jarak
antara titik dengan garis
4. Jarak
antara titik dengan bidang.
|
2
|
Konsep
|
Jarak
|
3
|
Prinsip
|
1. Jarak
antara dua titik
2. Luas
segitiga
3. Jarak
titik ke garis
4. Dalis
sinus
5. Dalil
kosinus
|
4
|
Prosedur
|
1.
Langkah-langkah mengitung jarak antara titik A(x1, y1,
z1) dan B (x2, y2, z3):
J =
=
2. Langkah-langkah
menggunakan dalil sinus :
3.
Langkah-langkah menggunakan dalil kosinus :
a2 =
b2 + c2 – 2bc cos A
b2 =
a2 +c2 – 2 ac cos B
c2 =
a2 + b2 – 2 ab cos C
4.
Langkah-langkah mengitung luas segitiga ABC :
L =
bc sin A =
ac sin B =
ab sin C
5. Langkah-langkah
menghitung jarak titik A (x1, y1) ke garis Ax +By +C = 0 :
d =
|
4.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan: Saintifik
Metode: Diskusi dan ceramah
5.
Alat/Bahan/Media
Alat :
LCD, Proyektor, dan laptop.
Media : Power Point
6.
Sumber Belajar
Buku siswa Matematika kelas XII untuk
SMA/MA/SMK semester 1 Kemendikbud.
7.
Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Fase
|
Kegiatan
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
|
|
1.
Guru
mengucap salam dan mengecek kehadiran siswa. Apabila ada siswa yang tidak
hadir, guru menanyakan alasan siswa yang tidak hadir tersebut.
2. Guru
mengingatkan kembali tentang materi sebelumnya, seperti tentang bangun ruang.
3. Siswa membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 4 sampai
5 orang.
|
Kegiatan Inti
(70 menit)
|
Mengamati
|
1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang jarak antara titik
dengan titik, jarak antara titik dengan garis, dan jarak antara titik dan
bidang.
2. Siswa mengamati power point tentang materi yang dijelaskan
oleh guru.
|
Menanya
|
Siswa
menyusun daftar pertanyaan yang muncul ketika setelah melakukan pengamatan.
|
|
Menalar
|
Setiap
kelompok diberikan suatu masalah tentang salah satu materi dan mengerjakan
soal tentang materi yang didapat, yang nantinya perwakilan dari setiap kelompok
akan mempresentasikannya di depan kelas
|
|
|
Mencoba
|
Setiap
anggota kelompok mengerjakan latihan yang diberikan.
|
Mengkomunikasikan
|
Setiap
kelompok membuat satu kesimpulan dari materi yang didapat dan perwakilan dari
setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
|
|
Kegiatan Penutup (10 menit)
|
|
1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar hari ini.
2. Guru menanyakan kesan belajar hari ini.
3. Guru memberikan beberapa soal sebagai bentuk penilaian hasil
belajar.
4. Guru menginformasikan bahan ajar untuk pertemuan selanjutnya.
5. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan pesan untuk tetap
semangat belajar.
6. Guru mengucapkan salam.
|
8.
Penilaian
a. Penilaian Afektif
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Sikap
a. Peran aktif di dalam kelompok masing-masing.
b. Rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
b. Penilaian Kognitif
Pengetahuan
a.
Dapat menjelaskan materi yang didapat dalam
kelompoknya.
b.
Dapat menentukan jarak antar titik, jarak antar
titik dengan garis, dan jarak titik dengan bidang.
|
Tes tertulis
|
Penyelesaian
tugas individu
|
c. Penilaian Psikomotorik
Keterampilan
Menyelesaikan
soal yang diberikan dengan benar dan tepat.
|
Pengamatan dan tes tertulis
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
LAMPIRAN
a. Lembar Penilaian Sikap
Indikator
sikap rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
1. Kurang baik (KB)
jika sama sekali tidak mempunyai rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru.
2. Baik (B) jika menunjukkan sudah ada rasa ingin
tahu terhadap suatu hal yang baru tetapi masih belum konsisten.
3.
Sangat baik (SB) jika menunjukkan sudah ada rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||
Rasa Percaya Diri
|
|||||
KB(1)
|
B(2)
|
SB(3)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
b.
Lembar Pengamatan Penilaian Pengetahuan
Mengerjakan
soal berikut:
Soal
|
Nilai
|
1. Diketahui kubus ABCD.EFGH. Tentukan:
a. Garis yang sejajar EH;
b. Garis yang bersilangan dengan HB;
c. Rusuk yang berpotongan dengan CG.
|
50
|
2. Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 4 cm.
Titik P dan Q berturut-turut terletak ditengah-tengah garis AB
dan AC. Tentukan:
a. jarak antara titik P dan Q;
b. jarak antara titik G ke garis PH;
c. jarak antara titik B ke bidang ACF.
|
50
|
Rubrik Penilaian
No
|
Kriteria
|
Kelompok
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip Matematika
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan memilih cara
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
|
|
|
|
|
5
|
Kerapian hasil
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Keterangan : 4
= sangat baik
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
Nilai
perolehan :
c. Lembar Pengamatan Keterampilan
Indikator :
Menyelesaikan soal yang diberikan guru dengan benar dan tepat.
1.
Kurang
terampil (KT) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan.
2.
Terampil
(T), jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.
3.
Sangat terampil (ST), jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menyelesaikan soal yang diberikan
guru dengan benar dan teliti.
|
||||
KT(1)
|
T(2)
|
ST(3)
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|