Minggu, 16 April 2017

Silabus Kelas X

SILABUS

Satuan Pendidikan               :  SMA

Kelas                                      :  X ( Sepuluh )

Tahun Pelajaran                    :  2016/2017

Kompetensi Inti                     : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.

2.2  Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.

2.3 Menunjukkan sikap bertang-gung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.







3.20  Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
3.21  Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
3.22   Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.

3.23   Memahami konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
Statistika
1. Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.

2. Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.

3. Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.

4. Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.

5. Mengomunikasikan
Menyampaikan  cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan lisan, tulisan, dan diagram.
Tugas
-  Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
-  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.

Portofolio
-  Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.

Tes
-  Tes tertulis bentuk uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
10 JP
-          Buku Matematika kelas X.
-       Buku referensi dan artikel yang sesuai.
-       Internet.















4.15   Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.