SILABUS
Satuan Pendidikan               :  SMA
Kelas : X ( Sepuluh )
Tahun Pelajaran                    : 
2016/2017
Kompetensi Inti                     :  
| 
KI 1 | 
: | 
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
  dianutnya. | 
| 
KI 2 | 
: | 
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
  disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
  solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
  bangsa dalam pergaulan dunia. | 
| 
KI 3 | 
: | 
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
  mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
  berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang
  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan,
  dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
  pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
  dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 
| 
KI 4 | 
: | 
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
  ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
  dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
  kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. | 
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pembelajaran | 
Kegiatan Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber Belajar | 
| 
2.1  Memiliki motivasi
  internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
  percaya diri,
  dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
  berpikir dalam memilih
  dan menerapkan strategi
  menyelesaikan
  masalah. 
2.2  Mampu mentransformasi diri dalam
  berpilaku jujur, tangguh
  mengadapi masalah,
  kritis dan disiplin dalam
  melakukan tugas belajar
  matematika. 
2.3 Menunjukkan sikap bertang-gung jawab,
  rasa
  ingin tahu, jujur dan
  perilaku peduli lingkungan. |  |  |  |  |  | 
| 
3.20  Mendeskripsikan berbagai
  penyajian data dalam
  bentuk tabel atau
  diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan
  informasi dari suatu kumpulan
  data melalui analisis perbandingan berbagai variasi
  penyajian data. 
3.21  Mendeskripsikan data dalam bentuk
  tabel atau
  diagram/plot tertentu
  yang sesuai dengan
  informasi yang ingin
  dikomunikasikan. 
3.22   Menyajikan
  data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
  informasi yang ingin dikomunikasikan.  
3.23   Memahami konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata
  dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif. | 
Statistika | 
1. Mengamati 
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk
  atau diagram/plot, dan cara membuatnya.  
2. Menanya 
Membuat pertanyaan
  mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot. 
3. Mengeksplorasikan 
Menentukan unsu-unsur
  yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
  diagram/plot. 
4. Mengasosiasikan  
Menganalisis dan membuat kategori dari
  unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
  diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
  sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
  diagram/plot. 
5. Mengomunikasikan 
Menyampaikan 
  cara membuat berbagai
  penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan lisan, tulisan, dan
  diagram. | 
Tugas  
-  Mengamati berbagai
  penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya. 
-  Mengerjakan latihan
  soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.  
Portofolio  
-  Menyusun dan membuat
  rangkuman dari tugas-tugas yang ada. 
Tes 
-  Tes tertulis bentuk
  uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot. | 
10 JP | 
-         
  Buku
  Matematika kelas X. 
-       Buku referensi dan
  artikel yang sesuai. 
-       Internet. | 
| 
4.15   Menyajikan data nyata dalam
  bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang
  ingin dikomunikasikan. | 
