SILABUS
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X ( Sepuluh )
Tahun Pelajaran :
2016/2017
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Memiliki motivasi
internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri,
dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertang-gung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
|
|
|
|
|
3.20 Mendeskripsikan berbagai
penyajian data dalam
bentuk tabel atau
diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan
informasi dari suatu kumpulan
data melalui analisis perbandingan berbagai variasi
penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan data dalam bentuk
tabel atau
diagram/plot tertentu
yang sesuai dengan
informasi yang ingin
dikomunikasikan.
3.22 Menyajikan
data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan
informasi yang ingin dikomunikasikan.
3.23 Memahami konsep peluang suatu kejadian menggunakan berbagai objek nyata
dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
|
Statistika
|
1. Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk
atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
2. Menanya
Membuat pertanyaan
mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
3. Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur
yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
4. Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
5. Mengomunikasikan
Menyampaikan
cara membuat berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot dengan lisan, tulisan, dan
diagram.
|
Tugas
- Mengamati berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
- Mengerjakan latihan
soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Portofolio
- Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
- Tes tertulis bentuk
uraian mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
|
10 JP
|
-
Buku
Matematika kelas X.
- Buku referensi dan
artikel yang sesuai.
- Internet.
|
4.15 Menyajikan data nyata dalam
bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang
ingin dikomunikasikan.
|