Minggu, 16 April 2017

RPP Statistika



RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Inderalaya
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas                           : X (Sepuluh)
Semester                      : Genap
Pertemuan Ke-            : 3
Alokasi Waktu            : 1 JP


    A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
2.10  Menunjukkan sifat teliti dan disiplin dalam menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika dalam menentukan ringkasan data.
2.11    Bersikap jujur, kritis dan bertanggung-jawab dalam mengomunikasikan hasil analisis data dan memberikan informasi yang benar berdasarkan ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data.
3.20  Memahami dan menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan mengkomunikasikannya.
4.14   Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
C.    Indikator
1.      Menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika dengan teliti dan disiplin.
2.      Menentukan hasil yang benar berdasarkan rumus ukuran letak.
3.      Menggunakan berbagai ukuran letak sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus statistika.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika dengan teliti dan disiplin.
2.      Siswa dapat menyelesaikan soal statistika yang berkaitan dengan ukuran letak dengan sendiri dan jujur.
3.      siswa dapat menggunakan berbagai ukuran letak sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus statistika.
E.     Materi Pembelajaran
1. Kuartil
Kuartil adalah nilai yang membagi suatu data terurut menjadi empat bagian yang sama besar. Kuartil dilambangkan dengan Q . Jenis kuartil ada 3, yaitu:
      kuartil pertama (Q1) kuartil bawah,
      kuartil kedua (Q2) atau kuartil tengah, dan
      kuartil ketiga (Q3) atau kuartil atas.


a. Data Tunggal
Rounded Rectangle: Letak Qi = data ke- (i(n+1))/4 , dengan i = 1, 2, 3.

Letak tiap kuartil didefinisikan sebagai berikut:


Letak Qi tidak selalu pada posisi datum ke-i, mungkin juga terletak di antara dua datum. Untuk keadaan seperti ini, diggunakan pola pendekatan atau interpolasi. Melihat kembali data di atas, kita akan menentukan statistik yang membagi data menjadi empat bagian.

Letak Q1          = data ke-
                        =  data ke- 2
Artinya Q1 terletak di antara datum ke-2 (x2) dan datum ke-3 (x3). Dengan pendekatan data interpolasi berikut.
·        Q1 = x2 +  (x3 - x2)       Q1 = 400 +  (450-400) = 437,5.
Letak Q2          = data ke-
                        = data ke- 5 .
·        Q2 = x5 +  (x6x5)       Q2 = 600 +  (600-600) = 600.
Sebagai catatan nilai Q2 = Median.
Letak Q3          = data ke-
                        = data ke- 8 .

·        Q3 = x8 +  (x9x8)       Q3 = 650 +  (700-650) = 662,5.
b. Data Kelompok
Rounded Rectangle: Qi= Tb + (((i×n)/4-F_s)/F_Q ).PPada data kelompok, kuartil dapat dicari dengan:



Keterangan:
            Tb        = Tepi bawah kelas kuartil
            Fs         = jumlah frekuensi sebelum kelas kuartil
            FQ        = frekuensi kelas kuartil
P          = panjang kelas
2. Desil
Apabila kuartil membagi data menjadi empat bagian yang sama besar, maka adalagi ukuran letak yang membagi data terurut menjadi 10 bagian yang sama, yaitu disebut dengan desil. Jenis desil ada 9, yaitu D1, D2, D3, . . . , D9.
Rounded Rectangle: Letak Di = data ke-(i(n+1))/10, dengan i = 1, 2, 3, . . . , 9.

a. Data tunggal

Rounded Rectangle: Di = Tb +(((i×n)/10-F_s)/F_D ).Pb. Data kelompok
           
           
Keterangan:
Tb        = Tepi bawah kelas desil
            Fs         = jumlah frekuensi sebelum kelas desil
            FQ        = frekuensi kelas desil
P          = panjang kelas
            3. Persentil
            Selain kuartil dan desil sebagai ukuran letak adalagi nilai yang membagi urutan data menjadi seratus bagian yang sama, yaitu persentil. Jenis persentil ada 99, yaitu P1, P2, P3, . . . , P99.
a. Data tunggal
Rounded Rectangle: Letak Pi =(i(n+1))/100, i = 1, 2, 3, . . . , 99.Untuk data tunggal, persentil dapat dicari dengan cara:

b. Data kelompok
Untuk data kelompok persentil dapat dicari dengan cara:
Rounded Rectangle: Pi = Tb + (((i×n)/100-F_s)/F_P ).P, i = 1, 2, 3, . . . , 99 


Keterangan:
            Tb        = Tepi bawah kelas persentil
            Fs         = jumlah frekuensi sebelum kelas persentil
            FP        = frekuensi kelas persentil
P          = panjang kelas
F.     Metode Pembelajaran
Dalam hal ini menggunakan metode belajar dua arah.
G.    Sumber Pembelajaran
1.      Buku guru Matematika kelas X, hal 387-410, Kemendikbud;
2.      Buku siswa Matematika kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK   semester 2, hal 164-181, Kemendikbud.
H.    Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pembukaan
1. Guru mengucap salam dan mengecek kehadiran siswa. Apabila ada siswa yang tidak hadir, guru menanyakan alasan siswa tersebut tidak hadir.
5 menit
Inti
1.      Guru bertanya tentang materi sebelumnya, yaitu cara membuat tabel distribusi frekuensi.
2.      Guru menjelaskan tentang materi ukuran letak, yaitu kuartil, desil, dan persentil disertai dengan contoh masing-masing ukuran letak.
3.      Guru memberikan beberapa soal untuk memberikan keaktifan siswa di kelas dan menyuruh salah satu siswa untuk mengerjakannya di depan kelas dan siswa yang lain mengerjakannya di selembar kertas untuk dikumpulkan.
4.      Siswa mengumpulkan jawaban dari soal tersebut.
5.      Guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya apabila ada materi yang tidak dimengerti.
35 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi ukuran letak, yaitu kuartil, desil, dan persentil.
2.      Guru memberikan penilaian keaktifan dan pengetahuan dari masing-masing siswa.
3.      Guru memotivasi siswa untuk selalu meningkatkan belajar dan mengingatkan untuk belajar di rumah.
4.      Guru menutup pertemuan dengan salam.
5 menit

I.       Penilaian
     1. Jenis penilaian         : Penilaian autentik
     2. Teknik penilaian      : Pengamatan, tes tertulis
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.      Rasa percaya diri maju ke depan kelas untuk menjawab soal yang diberikan guru.
b.      Rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
Pengamatan
Selama pembelajaran
2.
Pengetahuan
a.       Menggunakan rumus statistika tentang ukuran letak, yaitu kuartil, desil, dan persentil dengan benar dan teliti.
Tes tertulis

Penyelesaian tugas individu
3.

Keterampilan
Menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru tentang ukuran letak dengan benar dan teliti.
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
    
3. Bentuk dan instrument penilaian
a.      Tes tertulis
No
Soal
Skor
1






2
 



3
 
 



4
 
Carilah kuartil bawah atau pertama (Q1) dari data berikut: 75, 82, 66, 57, 64, 56, 92, 94, 86, 52, 60, 70!

Carilah nilai desil ke-7 dari data berikut: 66, 82, 92, 57, 64, 56, 94, 52, 86, 70, 75, 60!

Carilah nilai persentil ke 20 dari data berikut: 8, 8, 6, 9, 8, 7, 5, 5, 6, 9, 9, 7, 7!

Data hasil ulangan Matematika kelas X SMAN 1 Inderalaya:
Nilai Ujian
Frekuensi
31-40
1
41-50
2
51-60
5
61-70
15
71-80
25
81-90
20
91-100
12
Jumlah
80

Carilah desil ke-9 dari data tersebut!

Dari data berikut carilah nilai dari persentil ke 30:
Data
Frekuensi
20
 
12-15
7
16-19
12
20-23
10
24-27
11
Jumlah
50


20
 
20
 
20
 
20

b.      Lembar pengamatan siswa
Indikator sikap rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
1.      Kurang baik (KB)jika sama sekali tidak mempunyai rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru.
2.      Baik (B)jika menunjukkan sudah ada rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru tetapi masih belum konsisten.
3.      Sangat baik (SB) jika menunjukkan sudah ada rasa ingin tahu terhadap suatu hal yang baru secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Rasa Percaya Diri

KB(1)
B(2)
SB(3)

1





2





3





4





5





6





7





8





...





30






c.       LembarPengamatanKetrampilan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Indikator  : Menyelesaikan soal yang diberikan guru tentang ukuran letak dengan benar dan teliti.
1.      Kurangterampil (KT) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
2.      Terampil (T), jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampil (ST), jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menyelesaikan soal yang diberikan guru tentang ukuran letak dengan benar dan teliti.
KT(1)
T(2)
ST(3)
1




2




3




4




5




6




7




8








30







d.      Pedoman penskoran
No
Kunci pembahasan
Skor
1
Data hasil ulangan Matematika kelas X SMAN 1 Inderalaya:
Nilai Ujian
Frekuensi
31-40
1
41-50
2
51-60
5
61-70
15
71-80
25
81-90
20
91-100
12
Jumlah
80

Carilah desil ke-9 dari data tersebut!
Penyelesaian:
Mencari kelas desil:
Data ke-
Data ke-. Letak kelas desil, yaitu 91-100.
Tb = 91 – 0,5 = 90,5
P   = 10
Fs  = 68
FD  = 12
D9  = Tb +
      = 90,5 +
      = 90,5 + (0,33) . 10
      = 90,5 + 3,3
      = 93,8
Jadi, nilai desil ke-9 dari data tersebut adalah 93,8.
100