RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Inderalaya
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : Genap
Pertemuan Ke- : 3
Alokasi Waktu : 1 JP
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
2.10 Menunjukkan sifat
teliti dan disiplin dalam menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika dalam
menentukan ringkasan data.
2.11 Bersikap jujur,
kritis dan bertanggung-jawab dalam mengomunikasikan hasil analisis data dan
memberikan informasi yang benar berdasarkan ukuran pemusatan, letak dan
penyebaran data.
3.20 Memahami dan
menggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan
karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan
mengkomunikasikannya.
4.14 Menyajikan data nyata dalam
bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin
dikomunikasikan.
C. Indikator
1.
Menggunakan
aturan dan rumus-rumus statistika dengan teliti dan disiplin.
2.
Menentukan hasil yang benar berdasarkan rumus ukuran
letak.
3.
Menggunakan berbagai ukuran letak sesuai dengan
karakteristik data melalui aturan dan rumus statistika.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menggunakan aturan dan rumus-rumus
statistika dengan teliti dan disiplin.
2.
Siswa dapat menyelesaikan soal statistika yang
berkaitan dengan ukuran letak dengan sendiri dan jujur.
3.
siswa dapat menggunakan berbagai ukuran letak
sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus statistika.
E.
Materi Pembelajaran
1. Kuartil
Kuartil
adalah nilai yang membagi suatu data terurut menjadi empat bagian yang sama
besar. Kuartil
dilambangkan
dengan Q . Jenis kuartil ada 3, yaitu:
• kuartil pertama (Q1) kuartil bawah,
• kuartil kedua (Q2) atau kuartil tengah, dan
• kuartil ketiga (Q3) atau kuartil atas.
a. Data Tunggal
Letak tiap kuartil didefinisikan sebagai berikut:
Letak Qi tidak selalu
pada posisi datum ke-i, mungkin juga terletak di antara dua datum. Untuk
keadaan seperti ini, diggunakan pola pendekatan atau interpolasi. Melihat
kembali data di atas, kita akan menentukan statistik yang membagi data menjadi
empat bagian.
Letak Q1 = data ke-
= data
ke- 2
Artinya Q1
terletak di antara datum ke-2 (x2) dan datum ke-3 (x3).
Dengan pendekatan data interpolasi berikut.
·
Q1 = x2 + (x3 - x2)
Q1 = 400 + (450-400) = 437,5.
Letak Q2 = data ke-
=
data ke- 5 .
·
Q2 = x5 + (x6 – x5)
Q2 = 600 + (600-600) = 600.
Sebagai
catatan nilai Q2 = Median.
Letak Q3 = data ke-
=
data ke- 8 .
·
Q3 = x8 + (x9 – x8)
Q3 = 650 + (700-650) = 662,5.
b. Data
Kelompok
Pada data kelompok, kuartil dapat dicari
dengan:
Keterangan:
Tb = Tepi bawah kelas kuartil
Fs = jumlah frekuensi sebelum kelas
kuartil
FQ = frekuensi kelas kuartil
P =
panjang kelas
2. Desil
Apabila kuartil membagi data menjadi empat
bagian yang sama besar, maka adalagi ukuran letak yang membagi data terurut
menjadi 10 bagian yang sama, yaitu disebut dengan desil. Jenis desil ada
9, yaitu D1, D2, D3, . . . , D9.
a. Data tunggal
b. Data
kelompok
Keterangan:
Tb =
Tepi bawah kelas desil
Fs = jumlah frekuensi sebelum kelas desil
FQ = frekuensi kelas desil
P =
panjang kelas
3.
Persentil
Selain
kuartil dan desil sebagai ukuran letak adalagi nilai yang membagi urutan data
menjadi seratus bagian yang sama, yaitu persentil. Jenis persentil ada 99,
yaitu P1, P2, P3, . . . , P99.
a. Data tunggal
Untuk data tunggal, persentil dapat
dicari dengan cara:
b. Data kelompok
Untuk data kelompok
persentil dapat dicari dengan cara:
Keterangan:
Tb = Tepi bawah kelas persentil
Fs = jumlah frekuensi sebelum kelas
persentil
FP = frekuensi kelas persentil
P =
panjang kelas
F.
Metode Pembelajaran
Dalam
hal ini menggunakan metode belajar dua arah.
G.
Sumber Pembelajaran
1. Buku
guru Matematika kelas X, hal 387-410, Kemendikbud;
2. Buku
siswa Matematika kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK
semester 2, hal 164-181, Kemendikbud.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru mengucap salam dan mengecek kehadiran
siswa. Apabila ada siswa yang tidak hadir, guru menanyakan alasan siswa
tersebut tidak hadir.
|
5
menit
|
Inti
|
1.
Guru bertanya tentang materi sebelumnya,
yaitu cara membuat tabel distribusi frekuensi.
2.
Guru menjelaskan tentang materi ukuran letak,
yaitu kuartil, desil, dan persentil disertai dengan contoh masing-masing
ukuran letak.
3.
Guru memberikan beberapa soal untuk
memberikan keaktifan siswa di kelas dan menyuruh salah satu siswa untuk
mengerjakannya di depan kelas dan siswa yang lain mengerjakannya di selembar
kertas untuk dikumpulkan.
4.
Siswa mengumpulkan jawaban dari soal
tersebut.
5.
Guru memberikan kesempatan untuk siswa
bertanya apabila ada materi yang tidak dimengerti.
|
35
menit
|
Penutup
|
1.
Guru dan siswa menyimpulkan materi ukuran
letak, yaitu kuartil, desil, dan persentil.
2.
Guru memberikan penilaian keaktifan dan
pengetahuan dari masing-masing siswa.
3.
Guru memotivasi siswa untuk selalu
meningkatkan belajar dan mengingatkan untuk belajar di rumah.
4.
Guru menutup pertemuan dengan salam.
|
5
menit
|
I.
Penilaian
1.
Jenis penilaian : Penilaian
autentik
2.
Teknik penilaian : Pengamatan, tes
tertulis
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Rasa percaya diri maju ke depan kelas untuk menjawab soal yang
diberikan guru.
b. Rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menggunakan rumus statistika tentang ukuran letak,
yaitu kuartil, desil, dan persentil dengan benar dan teliti.
|
Tes tertulis
|
Penyelesaian
tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan
soal yang diberikan oleh guru tentang ukuran letak dengan benar dan teliti.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu
maupun kelompok) dan saat diskusi
|
3. Bentuk dan instrument penilaian
a.
Tes tertulis
No
|
Soal
|
Skor
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Carilah kuartil bawah atau pertama (Q1)
dari data berikut: 75, 82, 66, 57, 64, 56, 92, 94, 86, 52, 60, 70!
Carilah nilai desil ke-7 dari data
berikut: 66, 82, 92, 57, 64, 56, 94, 52, 86, 70, 75, 60!
Carilah nilai persentil ke 20 dari data
berikut: 8, 8, 6, 9, 8, 7, 5, 5, 6, 9, 9, 7, 7!
Data hasil ulangan Matematika kelas X SMAN 1
Inderalaya:
Carilah desil ke-9 dari data tersebut!
Dari data berikut carilah nilai dari
persentil ke 30:
|
|
b.
Lembar pengamatan siswa
Indikator
sikap rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah.
1. Kurang baik (KB)jika sama sekali tidak mempunyai rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru.
2. Baik (B)jika menunjukkan sudah ada rasa ingin
tahu terhadap suatu hal yang baru tetapi masih belum konsisten.
3.
Sangat baik (SB) jika menunjukkan sudah ada rasa
ingin tahu terhadap suatu hal yang baru secara terus menerus dan konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
|||
Rasa Percaya Diri
|
|||||
KB(1)
|
B(2)
|
SB(3)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
c.
LembarPengamatanKetrampilan
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Indikator :
Menyelesaikan soal yang diberikan guru tentang ukuran letak dengan benar dan
teliti.
1.
Kurangterampil
(KT) jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan
2.
Terampil
(T), jika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan tetapi belum tepat.
3.
Sangat terampil (ST), jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan dan sudah tepat.
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menyelesaikan soal yang diberikan
guru tentang ukuran letak dengan benar dan teliti.
|
||||
KT(1)
|
T(2)
|
ST(3)
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
d.
Pedoman penskoran
No
|
Kunci
pembahasan
|
Skor
|
||||||||||||||||||
1
|
Data hasil ulangan Matematika kelas X SMAN 1
Inderalaya:
Carilah
desil ke-9 dari data tersebut!
Penyelesaian:
Mencari kelas desil:
Data
ke-
Data
ke-. Letak kelas
desil, yaitu 91-100.
Tb
= 91 – 0,5 = 90,5
P = 10
Fs
= 68
FD = 12
D9 = Tb +
= 90,5 +
= 90,5 + (0,33) . 10
= 90,5 + 3,3
= 93,8
Jadi,
nilai desil ke-9 dari data tersebut adalah 93,8.
|
100
|